//
you're reading...
Cumi, Olahan Seafood, Udang

pePeS seafooD (UdAng dan Cumi)

Haduuuh….kerjaan menumpuuuk jadi ga sempet update blog deh…huhuhu….padahal dah banyak resep yang pengen dishare…(banyaak???…heheh ga jg deng :P)
Kali ini daku mau berbagi resep pepes. tapi pepesnya bukan ikan. pepes udang sama cumi. berhub ni makanan fav aku. cumi n udang. Gampang bikinnya.monggo diliat resepna…moga berkenan…

Bahan :
@ cumi 1 buah yg agak besar, cuci dengan jeruk nipis kemudian dipotong2 bulat 1 cm
@ udang 150 gram, bersihkan buang kulitnya
@ Daun pisang untuk membungkus
@ Belimbing sayur (iris tipis)
@ Garam 1/2 sdt
@ Gula 1 sdt
@ Daun salam (potong menjadi dua bagian)
@ Daun kemangi

Bumbu Halus :
@ Kemiri 4 butir
@ Bawang merah 10 siung
@ Bawang Putih 5 siung
@ Cabe merah kriting 4 buah (sesuai selera jika ingin lebih pedas tambahkan lagi)
@ Cabe rawit merah 3 buah
@ Terasi 1/2 sdt
@ Jahe 1 cm
@ Lengkuas 2 cm
@ Kunyit 2 cm
@ Sereh 1 batang
@ Tomat 1 buah

Cara membuat :<a
@ Setelah bumbu halus selesai dibuat, beri garam dan gula.
@ Letakkan potongan cumi dan udang dalam wadah mangkung besar
@ Tambahkan bumbu halus ke dalam wadah yang berisi ikan. Campur bumbu halus dengan ikan sampai rata.
@ Siapkan daun pisang.
@ Letakkan cumi dan udang yang telah berbumbu diatas daun pisang. Tambahkan irisan belimbing sayur, daun kemangi dan potongan daun salam diatas ikan. Bentuk tum lalu semat dengan lidi, atau kalo susah bisa daun bisa dilipat seperti melipat kue pisang.
@ Kukus pepes selama kurang lebih 30 menit.
@ Untuk membakar pepes bisa menggunkan teflon.Panaskan teflon, taruh pepesan ikan yang telah dikukus di atas teflon. Jangan lupa untuk membalikkan sisi yang lainnya.
@ Setelah itu, pepes siap dihidangkan.

Mudahkan…happy cooking🙂

About Koki Imut

Just cooking everything i like

Discussion

One thought on “pePeS seafooD (UdAng dan Cumi)

  1. Pepes itu makanan yg mengundang selera lho..nasi anget, pepes ikan laut sambil makan pake tangan alias muluk bahasa jawanya..duh mantab nian

    Posted by Mr. Right | September 9, 2011, 12:50 pm

Tulis Pesanan disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Kitchen Lover

  • 211,990 Pengunjung

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: