//
you're reading...
Kitchen Inside

SeRba SeRbi SaNtaN

Banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan santan sebagai pelengkap masakannya. Nah enak apa ga nya tergantung dari air santan yang dihasilkannya. Berikut di ulas macam2 santan dan tips2 biar dapat air santan yang maksimal yang bikin makanan kita tmbah jadi yummmy🙂

@ SANTAN INSTAN
Santan instan belakangan sering digunakan, lebih praktis dan mudah didapatkan. Tekstur dari santan instan yang ada dipasaran teksturnya sangat kental dari santan alami. Sehingga bila ingin menggunakannya, larutkan dengan air sesuai kebutuhan. Santan instan cukup enak digunakan untuk membuat aneka kue atau hidangan penutup (seperti puding dll). Namun perlu diingat, santan instan apabila digunakan untuk masakan kurang sedap, karena santan instan tidak dapat mengental jika dimasak dan tidak mengeluarkan minyak.

@ SANTAN MURNI
Santan murni berasal dari buah kelapa, biasanya buah kelapa yang sudah tua. Semakin tua kelapa, maka semakin banyak dan semakin kental santan yang dihasilkan. Santan murni tidak tahan lama, sehingga sebaiknya langsung gunakan, karena apabila tidak digunakan akan berasa masam santannya.

@SANTAN BUBUK
Santan bubuk juga termasuk santan instan yang ada dipasaran. Santan ini terbuat dari kepala dan tepung kanji yang melalui proses pengeringan. Untuk membuat santan kental, seduh 50 gram bubuk santan dengan 150 ml air panas. Ukuran selanjutnya untuk melarutkan santan bubuk, gunakan saja patokan takaran di atas.

Ada beberpa tips yang berhubungan dengan SANTAN MURNI
a. Untuk mendapatkan hasil santan yang maksimal, gunakan santan yang sudah tua. Kerok kulit arinya untuk mendapatkan santan yang putih bersih.
b. Peras kelapa dengan ditambahkan air panas secukupnya. Diamkan selama 5 menit, lalu remas-remas dan peras santan.
c. Karena santan tidak tahan lama, maka sesudah diperas sebaiknya langsung direbus dengan diberi sedikit garam, sambil terus di aduk perlahan dengan api sedang agar santan tidak pecah.
d. Untuk membuat banyak stok santan, santan yang sudah direbus bersama garam didinginkan. Lalu tuang santan ke dalam plastik menjadi beberapa banyak, kemudian simpan dalam freezer.
Jika akan digunakan, keluarkan santan dan diamkan sampai mencair dengan suhu ruangan. Dengan cara ini, santan akan bertahan hingga 1 bulan.

Nah,moga bermanfaat sekilas mengenai SANTAN🙂 sesuaikan dengan kebutuhan dan….happy cooking😉

Sumber : Tabloid Nova

About Koki Imut

Just cooking everything i like

Discussion

No comments yet.

Tulis Pesanan disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Kitchen Lover

  • 211,990 Pengunjung

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: