//
you're reading...
Kitchen Inside, Resep Lainnya

Pengawetan Makanan

Pengawetan makanan pada intinya adalah untuk mempertahankan masa simpan makanan agar layak dikonsumsi. Cara pengawetan makanan yang paling tua adalah pengeringan dan penggaraman atau natural preservative. Pengeringan makanan dapat dilakukan dengan bantuan sinar matahari, oven atau pengasapan. Pengawetan dengan cara pengeringan terkadang memberikan rasa yang tidak sama dengan makanan ketika masih segar.

Jenis pengawetan makanan lainnya ialah dengan pendinginan/freezing, vacuum dan sterilisasi (dimasukkan dalam kaleng atau botol).Disamping itu, ada cara pengawetan yang lebih efektif lagi, yaitu dengan penambahan bahan pengawet (preservative) agar makanan makin tahan lama. Misalkan saja Asam askorbat yang ditambahkan pada jeli, selai atau roti agar tidak mudah busuk dan berjamur. Nitrat ditambahkan pada daging sapi agar tetap merah dan awet. Beberapa bahan kimia ini ditambahkan untuk pengawetan sesuai dengan standar agar tidak merugikan kesehatan.
Penambahan pengawet yang paling berbahaya adalah penambahan bahan pengawet non food grade, misalnya formalin dan borak yang sekarang banyak dibicarakan. Pemakaian formalin dan borak ini digunakan dalam makanan tertentu agar tetap kenyal dan tidak mudah busuk, misalnya pada baso dan tahu.

Jenis pengawetan makanan yang paling banyak dilakukan pada rumah tangga adalah dengan cara dibekukan (diletakkan dalam freezer). Suhu freezer yang baik untuk mendinginkan makanan adalah -18 derajat celcius. Pembekuan makanan tidak mematikan mikroorganisme dalam makanan, tetapi hanya memperlambat laju pertumbuhan mikroorganisme.


Berikut adalah tips penyimpanan makanan beku di rumah tangga

1. Ikan
@ Bungkus ikan dengan plastik yang tahan dingin (jenis plastik PE (polietilen)). Bekukan dalam freezer perpotong.
@ Bekukan dalam wadah plastik/stainless steel. Tuangi air sampai ikan terendam air, bekukan. Setelah beku, kemas dalam plastik tertutup.

Masa simpan : Ikan dapat disimpan sampai jangka waktu cukup lama. Bila kebersihan dan mutu ikan bagus saat pembekuan, ikan dapat bertahan sampai 8 bulan. Untuk jenis ikan, seperti salmon atau tongkol, biasanya bisa bertahan 3-4 bulan.

2. Daging
Ambil daging segar, potong sesuai kebutuhan. Jangan terlalu besar agar parktis saat dimasak. Pisahkan tulang dan potong bagian berlemak yang menempel. Lemak membuat daging cepat tengik. Tata dalam wadah, jangan terlalu berdekatan, lalu bungkus dengan plastik, bekukan dalam freezer. Pembungkusan harus baik, jangan bocor.

Masa simpan : Daging dapat disimpan antara 6 – 12 bulan. Jenis daging yang banyak menganduk lemak kurang bisa tahan lama.

3. Ayam

Pilih daging ayang yang segar, tidak memar dan tidak bau. Pisahkan bagian ayam, seperti dada, paha, dayap, kulit atau jerohan. Kemas perporsi dalam plastik kecil. Jangan membekukan jerohan dalam satu kemasan dengan bagian ayam lainnya, karena jerohan mudah rusak. Pisahkan, tempatkan dalam wadah, susun dan bekukan.

Masa simpan
: Masa simpan ayam bisa mencapai 12 bulan. Sedangkan jerohan tidak bisa tahan lama, sekitar 3 bulanan.

Moga tipsnya bermanfaat🙂

Sumber : Homemade Frozen Food (Yuyun Alamsyah)

About Koki Imut

Just cooking everything i like

Discussion

4 thoughts on “Pengawetan Makanan

  1. ada pengaturan suhu freezernya nggak jeng??

    Posted by aNNIS | April 18, 2011, 7:57 am
  2. Bu, bagaimana klo pengaweten ikan pepes di dalam freezer apa tidak berubah rasanya?

    Posted by TIA MUTIARA | October 24, 2011, 7:13 pm

Tulis Pesanan disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Kitchen Lover

  • 211,990 Pengunjung

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: